Cara Menggunakan Canva Untuk Media Pembelajaran

by -71 Views

Cara Menggunakan Canva Untuk Media Pembelajaran – Cara Membuat Presentasi di Canva – Presentasi merupakan salah satu bagian penting dalam pengajaran bagi para guru. Presentasi tidak lagi sekedar pembicaraan dan penutupan buku, guru dapat menambahkan gambar dan video pada materi pelajaran, khususnya menggunakan aplikasi Canva.

Buat desain. Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Canva sangat mudah digunakan tanpa memerlukan tingkat pengetahuan khusus. Canva menyediakan berbagai elemen desain dan template presentasi yang menarik. Tidak perlu khawatir, ada banyak desain gratis yang ditawarkan Canva yang bisa digunakan oleh guru.

Cara Menggunakan Canva Untuk Media Pembelajaran

Ada juga aplikasi Canva versi premium yang memiliki desain lebih menarik baik itu template, elemen desain, atau lainnya. Lalu bagaimana cara membuat presentasi di Canva? Berikut cara melakukannya:

Tutorial Cara Membuat Logo Di Canva Dengan Mudah (+gambar)

Setelah berhasil mengunduh atau mengunjungi aplikasi, guru terlebih dahulu membuat akun untuk mendapatkan akses yang tepat ke Canva. Guru perlu menyiapkan email dan kata sandinya lalu mengisi informasi di platform. Ikuti rangkaian prosesnya sampai akhir.

Jika Anda berhasil membuat akun, maka akan muncul tampilan panel kontrol. Dasbor merupakan tampilan utama yang berisi menu Canva. Kemudian guru dapat menggunakan menu-menu tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Kali ini dia sedang melakukan power point.

3. Selanjutnya jika sudah menemukan tema yang diinginkan, klik template lalu pilih “Terapkan ke semua halaman”. Kemudian akan muncul semua template yang bisa digunakan.

Setelah berhasil menerapkan tema, saatnya mengedit konten template. Guru dapat menyesuaikan isi template dengan bahan ajar. Guru juga dapat mengubah font, ukuran, jenis dan bentuk template.

Cara Menggunakan Canva Untuk Media Pembelajaran, Praktis Dan Inovatif Penting Buat Guru

Jangan sampai salah menyimpan hasil PPT dalam format PNG/PDF atau format lainnya. Jangan lupa simpan desain dalam format pptx atau Microsoft PowerPoint.

Nah, bagaimana cara membuat presentasi menggunakan Canva. Fitur yang tersedia di Canva banyak dan menarik, sehingga guru dapat leluasa memilih desain dan template presentasinya. Selain itu, guru dapat mengakses Canva secara gratis di Android atau laptopnya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berusaha memberikan pendidikan yang beragam kepada siswanya.

Namun apakah Anda masih bingung membuat presentasi di Canva? Dan ingin membuat presentasi yang lebih menarik dan interaktif?

E-Guru.id menyelenggarakan pelatihan JP Certified 32 tentang pengembangan dimensi kreatif dan kolaborasi siswa melalui presentasi interaktif dengan Canva. Hobi saya adalah bepergian. Hal favorit saya untuk diposting adalah hal yang ringan dan berhubungan dengan sastra.

Coba Canva Untuk Pendidikan Secara Gratis

Bahasa memperoleh arti atau maknanya dari cara bertuturnya atau dapat disebut kumpulan kata-kata yang penuh makna. Menurut Tarigan (1987:22-23), bahasa adalah rangkaian kata yang disediakan sebagai alat komunikasi dan komunikasi antar manusia dan sebagai alat mediasi antar individu atau kelompok, misalnya anggota suatu masyarakat.

Mata pelajaran utama atau wajib di Indonesia mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga tingkat universitas. Kenapa ini? Karena pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan agar siswa menguasai bahasa tersebut sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dengan tata krama yang baik secara lisan dan tulisan, bangga dengan bahasa Indonesianya, mengembangkan intelektualitasnya dengan orang Indonesia, dan menggunakan bahasa Indonesia untuk tujuan sosial.

Pembelajaran bahasa Indonesia sangatlah penting dan berperan besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Setiap pembelajaran baik bahasa Indonesia maupun pembelajaran lainnya memerlukan penunjang dalam proses pembelajaran pada jenjang pendidikan yaitu media pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar tentu memerlukan media yang menunjang pembelajaran agar pembelajaran berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat tidak lepas dari dampaknya terhadap dunia pendidikan. Dunia pendidikan perlu senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi guna meningkatkan mutu pendidikan untuk tuntutan global. Sistem informasi dan teknologi informasi diperlukan untuk meningkatkan kinerja akademik di masa depan, yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pendukung, tetapi juga alat utama untuk sukses dalam dunia akademik dan bersaing di dunia global (Budiman). , 2017). Canva adalah salah satu dari banyak aplikasi yang muncul di dunia teknologi.

Pembelajaran Lebih Menyenangkan Dengan Canva

Canva merupakan aplikasi atau software desain berbasis online yang menyediakan presentasi, resume, brosur, banner, grafik, poster, brosur, infografis, penanda buku atau bookmark, newsletter dan masih banyak lagi kemampuan desain lainnya yang disediakan dalam aplikasi Canva. Produk yang dihasilkan bisa berupa gambar maupun video. Jenis presentasi yang tersedia di Canva antara lain presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lainnya. Aplikasi Canva dapat diunduh dari situs web atau aplikasi dapat diinstal dari playstore.

Selain kelebihan, aplikasi Canva juga memiliki kekurangan. Kekurangan utama dari aplikasi ini adalah jika ingin menggunakan Canva, setiap pengguna harus terhubung dengan internet dan memiliki paket data internet untuk dapat menggunakan Canva. Selain itu, ada beberapa template berbayar. Desainnya sudah disediakan di aplikasi Canva, namun hal ini tidak menjadi masalah karena masih banyak template lain yang bagus, menarik dan tentunya tidak berbayar atau gratis untuk digunakan.

Banyaknya fitur yang mudah diakses membuat aplikasi ini bermanfaat bagi semua kalangan yang membutuhkan aplikasi edit foto. Penggunaan Canva untuk belajar bahasa Indonesia meliputi:

Contoh pemanfaatan pembelajaran bahasa Indonesia adalah pembelajaran sastra berupa puisi, tidak hanya buku teks dan teks tertulis, namun juga bagaimana literasi visual di Canva menggunakan materi puisi yang ditulis siswa untuk mengungkapkan idenya. . Kreativitas langsung juga dapat menggunakan pilihan warna, gambar, dan simbol di aplikasi Canva untuk mengekspresikan emosi dalam puisi atau karya seni siswa. Sebuah pesan atau karya/produk yang dibuat di Canva dapat berupa gambar dengan teks atau video yang menarik.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Halaman 1

Dalam pembelajaran berbasis teknologi, kami percaya bahwa ketika siswa dan guru menguasai aplikasi Canva, mereka dapat memperoleh nilai positif dari aplikasi tersebut, yaitu menyediakan fitur desain yang mudah digunakan sebagai alat pembelajaran berbasis teknologi. Sebagai bentuk pengungkapan ide yang tidak biasa. Sehingga siswa dan guru dapat menggunakan Canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif. Canva merupakan platform desain grafis yang memberikan kemudahan dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan efektif. Ramah pengguna dan mudah digunakan. Canva Media menjadikan pembelajaran lebih efisien dan menghemat waktu. Canva memiliki beragam template dan elemen desain gratis dan berbayar yang memudahkan dalam membuat media pembelajaran tanpa harus mendesain.

Canva juga memiliki format berbeda yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan bekerja secara online, sehingga mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan Canva, guru dapat membuat media pembelajaran yang melibatkan dan memotivasi siswa sekaligus memfasilitasi proses pembelajaran.

Di era digital saat ini, media pembelajaran memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Ada banyak alat yang dapat digunakan ketika mencoba membuat materi pembelajaran yang menarik dan efektif. Salah satunya adalah Canva.

Canva adalah platform desain grafis yang ramah pengguna dan mudah digunakan. Canva membuat poster, infografis, slide presentasi, dll.

Pdf) Training On Making Learning Media Using Canva To Increase Teacher Creativity

Canva memiliki berbagai fitur yang menjadikannya pilihan tepat untuk membuat media pendidikan. Beberapa dari mereka adalah:

Dengan menggunakan Canva, guru dapat membuat media pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa. Selain itu, Canva menyederhanakan proses pembuatan bahan ajar, sehingga guru dapat menghemat waktu dan tenaga.

Canva merupakan alat yang sangat berguna untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan efektif. Dengan beragam fitur dan kemudahan penggunaannya, Canva sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Jadi mulailah menggunakan Canva sekarang untuk membantu meningkatkan proses belajar Anda! Sudahkah Anda membuat media pembelajaran menggunakan Canva? Anda dapat berbagi pekerjaan dengan kolega lain jika tersedia. Nah bagi yang belum mengetahuinya bisa simak dan ikuti juga cara membuat media edukasi dengan aplikasi ini.

Kita bisa memanfaatkannya untuk membuat media pembelajaran. Untuk situsnya, kunjungi www.canva.com. Jika anda belum mempunyai akun maka kami akan memilih untuk membuat akun atau mendaftar, jika anda mempunyai akun silahkan login. Jika kita masuk ke aplikasi ini, berikut halaman utamanya:

Cara Membuat Twibbon Di Canva, Sangat Mudah Dan Cepat

Dapat digunakan untuk infografis, grafik, poster, presentasi, brosur, logo, resume, pamflet, dokumen A4, postingan Instagram, kartu, koran, komik, sampul majalah, undangan, kolase foto, kartu nama, wallpaper desktop, laporan. Sertifikat, Sampul Buku, Animasi Media Sosial, Pengumuman, Menu, Video, Pengatur Grafis, Kisah Anda, Surat, Kop Surat, Proposal, Label, Lembar Kerja, Jadwal Kelas, Kalender, Kartu ID, Sampul CD, Dokumen Pos AS, Presentasi Mobile First, Perencana, program, sampul ebook, dan storyboard.

Letaknya di pojok kanan atas halaman utama. Berikut adalah contoh bagaimana saya ingin membuat presentasi, setelah membuat layout saya memilih ikon

Kemudian, kita mengisi konten yang ingin kita sampaikan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pembelajaran yang telah kita kembangkan sebelumnya.

, dll. Digunakan untuk mengedit tampilan presentasi, teks, video, dll. Jika perlu, dll. Kemudian setelah selesai mengedit, periksa hasilnya dengan mengklik ikon ini. Jika sesuai dengan yang kami rancang, unduh dan gunakan dengan mengklik ikon panah dan jika ingin berbagi, silakan klik ikon tersebut.

Memanfaatkan Canva Untuk Pembelajaran Bagi Pengguna Akun Belajar.id

21 Agustus 2023 Transformasi Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan: Peran Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bengkulu dalam Pembentukan TKPK

Media pembelajaran canva, media pembelajaran untuk paud, media pembelajaran untuk pecahan, media pembelajaran untuk sd, media pembelajaran untuk tk, cara membuat media pembelajaran dengan canva, media pembelajaran untuk sma, aplikasi untuk media pembelajaran, media pembelajaran untuk membaca, membuat media pembelajaran dengan canva, cara membuat video pembelajaran canva, aplikasi canva untuk pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.