Cara Menjaga Kesehatan Bayi Baru Lahir

by -222 Views

Cara Menjaga Kesehatan Bayi Baru Lahir – Salah satu hal yang paling menakutkan bagi orang tua saat merawat bayi adalah ketika anaknya sedang demam. Demam sendiri sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala yang menandakan adanya suatu penyakit. Para ahli percaya bahwa demam adalah cara sistem kekebalan tubuh melawan penyakit, sehingga membuat tubuh menjadi tempat yang tidak nyaman bagi virus/bakteri penyebab penyakit.

Bagi bayi baru lahir, demam ringan (38°C) tetap harus berkonsultasi dengan dokter karena dapat menjadi tanda kemungkinan infeksi serius. Untuk bayi usia 3 bulan ke atas sebaiknya diwaspadai demamnya yang mencapai 39°C atau lebih. Namun jika Anda ragu, selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk meminta nasihat.

Cara Menjaga Kesehatan Bayi Baru Lahir

Salah satu penyakit yang memiliki gejala demam adalah Demam Berdarah (DBD). Dalam merawat bayi baru lahir, sangat penting menerapkan prinsip pencegahan dibandingkan pengobatan. Salah satu cara untuk melindungi anak Anda dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah adalah dengan mengoleskan minyak tabir nyamuk MY BABY pada bagian tubuh bayi Anda yang terbuka.

Memandikan Bayi Dan Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Di Rsi Ibnusina Yarsi Bukittinggi

MY BABY Minyak Telon Anti Nyamuk merupakan minyak telon #1 di Indonesia yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap gigitan nyamuk hingga 12 jam dan diformulasikan dari campuran bahan-bahan alami seperti

. Bahan-bahan alami dengan aroma khas ini sudah lama dipercaya sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Keunggulan Minyak Telon Anti Nyamuk MY BABY lainnya adalah tidak lengket dan cepat meresap ke dalam kulit serta sudah teruji klinis dan halal sehingga aman digunakan untuk anak anda.

Perawatan Bayi 3 Perawatan Bayi Baru Lahir Ini Bisa Bikin Moms Gugup Merawat bayi baru lahir bagi banyak ibu bisa menimbulkan kegelisahan tersendiri dan bikin mereka gelisah 01/05/2021

Tips perawatan bayi baru lahir yang bermanfaat selama pandemi COVID-19. Cara termudah untuk mencegah penyebaran COVID-19 pada anak Anda adalah dengan mengikuti protokol kesehatan, seperti ibu memakai masker saat sedang tidak sehat. dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi. 28/10/2020

Ini Cara Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir Yang Tepat

Tren punya bayi di masa pandemi? Berikut tips bagi para ibu dalam merawat bayi baru lahir. Di tengah pandemi COVID-19, prioritas utama orang tua tentu saja menjaga kesehatan bayinya dan mencegah penyebaran virus tersebut 08/10/2020

Tips Ibu Cerdas di Bulan Pertama Merawat Bayi Baru Lahir Bulan pertama bayi baru lahir akan mengubah hidup ibu menjadi lebih berwarna. Berikut beberapa hal penting yang harus Anda ingat saat merawat bayi baru lahir. 30/09/2019

Pastikan data yang Anda kirimkan benar ya, Moms! Anda dapat menambahkan tautan video lainnya di halaman profil. Follow media sosial @id untuk pengumuman pemenangnya! Saat bayi masih dalam kandungan, tali pusat berfungsi mengangkut darah yang mengandung nutrisi dan oksigen dari plasenta menuju janin.

Setelah melahirkan, tali pusar biasanya masih menempel pada bayi dan akan layu atau lepas dengan sendirinya jika sudah kering.

Leaflet Perawatan Bbl

Oleh karena itu, orang tua harus mengetahui cara merawat tali pusat yang baik, agar tali pusat tidak tertular bakteri yang mengganggu proses pemisahan tali pusat.

Tali pusar yang masih menempel di tubuh bayi baru lahir biasanya membutuhkan waktu 5 hingga 21 hari untuk mengering dan lepas.

Mencuci tangan dengan sabun bertujuan untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri yang dibawa tangan, agar tidak berpindah ke tali pusat bayi dan menyebabkan infeksi.

Hindari penggunaan salep dan obat yang dijual bebas. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah Yang Aman

Hal-hal di atas sangat penting dan harus diperhatikan dengan cermat agar bayi tidak terjerumus ke dalam situasi yang buruk akibat perlindungan tali pusat yang tidak tepat selama proses pengeringan.

Menawarkan layanan perawatan bayi untuk membantu Anda merawat tali pusat bayi Anda langsung di rumah.

Layanan penitipan bayi tersedia 24 jam sehari, tanpa biaya administrasi, dengan pilihan penitipan 1 hari, 7 hari, dan 30 hari. Edukasi selanjutnya adalah memberikan pengetahuan tentang perawatan dasar bayi baru lahir agar ibu dan ayah dapat memberikan perawatan yang terbaik bagi anaknya.

Bayi yang lahir sehat, kecuali tangannya, kering. Tali pusar diikat dan bayi akan diletakkan di atas perut atau dada ibu sehingga terjadi kontak kulit (

Perawatan Bayi Baru Lahir Pdf

Dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) merupakan metode terbaik untuk menghangatkan bayi secara alami. Kulit akan lebih cepat menghangatkan bayi dan menjaga suhu bayi tetap stabil. Di dalam kandungan ibu, bayi berada pada suhu lingkungan yang ideal, yaitu 36,5-37,5 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh ibu. Oleh karena itu, saat bayi lahir, suhu tubuhnya akan rendah dan berisiko mengalami hipotermia (suhu tubuh rendah).

Setelah bayi dijemur, bayi dibaringkan di dada atau perut ibu. Kulit bayi menempel pada kulit ibu dan posisi mata bayi sejajar dengan puting susu ibu. Ibu dianjurkan untuk menyentuh bayi dan menopang bokong bayi dengan lembut. Bayi diberikan topi dan selimut. Terkadang bayi menemukan puting susu ibunya sendiri. Jika setelah satu jam kontak kulit dengan kulit tidak ada proses menyusui dini, ibu dibantu mendekatkan bayi ke puting susu dan bayi diberikan waktu untuk melanjutkan proses tersebut selama setengah hingga satu jam. Sebaiknya ibu bisa didampingi suami atau keluarganya.

Inisiasi menyusui dini membantu menurunkan angka kematian bayi dan membantu keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Selain itu, IMD dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi karena bakteri baik dari kulit ibu akan masuk ke dalam tubuh bayi, selain itu bayi akan mendapat ASI pertama (kolostrum) yang banyak mengandung zat imun. Tidak perlu khawatir jika selama proses DMI bayi belum mulai melakukan aktivitas menyusui yang sebenarnya, karena proses ini saja yang meningkatkan peluang keberhasilan menyusui.

Pada situasi tertentu, jika bayi kurang fit atau kondisi bayi setelah dilahirkan tidak stabil, terkadang IMD tidak dapat dilakukan karena bayi harus segera mendapat pengobatan tambahan. Jika ini terjadi, sebaiknya jangan putus asa. Ibu tetap dapat berhasil menyusui dengan memeras ASI, selama bayi tidak dapat menyusu secara langsung.

Siapa Bilang Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Mengenakan Popok? Berikut Faktanya!

Dalam satu hari, bayi bisa tidur hingga 20 jam yang terbagi dalam periode tidur 20 menit hingga 4 jam. Pastikan ruangan sejuk, tidak terlalu dingin atau terlalu panas, serta memiliki penerangan dan ventilasi yang cukup. Posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi terlentang karena dapat mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Tempat tidur bayi harus memiliki alas yang rata, tidak terlalu empuk. Hindari memakai benda yang dapat menutupi kepala bayi.

Setelah dipotong, tali pusar dapat diolesi dengan cairan antiseptik klorheksidin atau antiseptik lainnya. Setelah itu, tali pusar dibuka dan dikeringkan serta tidak boleh dikompres dengan kain kasa yang mengandung cairan antiseptik. Bila ingin merawat tali pusar harus mencuci tangan terlebih dahulu, jangan membalut tali pusar dengan apapun, jangan menutupinya dengan kain kasa dan jangan menutupinya dengan popok atau gurita. Pastikan tali pusar tidak basah atau terkena urine atau feses bayi. Jika tali pusar kotor, segera cuci dengan air sabun bersih dan keringkan dengan kain bersih. Terkadang tali pusar lepas dengan sendirinya. Jika terdapat tanda-tanda infeksi seperti kemerahan dan/atau bengkak pada bagian tengah atau sekitar kulit, bau tidak sedap, dan terlihat adanya nanah, segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan terdekat.

Saat melahirkan, bayi sebaiknya tidak dimandikan. Bayi masih memiliki lapisan pelindung berupa lemak berwarna keputihan yang berfungsi menjaga suhu bayi. Setelah 6 jam, bayi bisa dimandikan dengan air hangat. Sebelum tali pusar lepas, bayi bisa dimandikan dengan handuk atau spons. Setelah tali pusar dilepas, bayi dapat dimandikan dengan cara dimasukkan ke dalam air, dengan hati-hati membenamkan kepalanya ke dalam air. Gunakan air hangat, sabun dan sampo khusus bayi. Sebaiknya jangan memandikan bayi Anda terlalu dini atau terlambat. Dalam merawat kulit bayi, prinsipnya adalah menggunakan sesedikit mungkin bahan yang bersentuhan dengan kulit, karena kulit bayi masih sangat sensitif.

Pilihlah pakaian yang berbahan lembut, menyerap air, dan tidak kaku. Bayi sebaiknya hanya memakai atasan, popok atau celana, selimut dan topi jika cuaca dingin. Membedong tidak dianjurkan karena membatasi pergerakan bayi. Selain itu, tidak disarankan untuk terus menggunakan sarung tangan atau kaos kaki karena indra peraba merupakan alat pembelajaran bagi bayi. Jangan gunakan gurita karena bayi lebih banyak bernapas menggunakan otot perutnya.

Perawatan Bayi Prematur Di Rumah Yang Harus Diperhatikan Para Ibu

Bayi normal akan tumbuh pada 24 jam pertama dan paling lambat 48 jam pertama. Jika hal ini tidak terjadi, sebaiknya bayi diperiksa lebih lanjut. Bayi kemudian akan buang air kecil 5 hingga 6 kali sehari dan buang air besar 3 hingga 4 kali sehari. Warna BAK yang baik adalah terang dan tidak gelap, sedangkan warna BAK berubah dari hitam tua menjadi hijau dan akhirnya menjadi kuning ketika berumur sekitar 5 hari. Bila tidak terjadi perubahan warna feses, sebaiknya dilakukan penilaian terhadap kecukupan asupan ASI. Jika seorang ibu menemukan adanya darah pada alat kelamin bayi perempuan pada tahap awal kelahirannya, ibu tidak perlu khawatir karena bayinya masih dipengaruhi oleh hormon ibu. Situasi ini masih dianggap normal.

Usap bagian pribadi dari depan ke belakang dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air bersih atau handuk basah. Jangan mengusap popok mulai dari bagian bawah anus hingga bagian pribadi.

Bayi yang lapar akan menunjukkan tanda-tanda seperti memasukkan tangan ke mulut, memegang tangan, mengeluarkan suara seperti berkata, ah uh ah. Jangan menunggu bayi menangis sebelum menyusu. Berikan ASI sesuai keinginan bayi, jangan dijadwalkan. Biasanya bayi menyusu selama 5 hingga 30 menit, diluar itu evaluasi proses menyusuinya. Apabila ibu terpisah dari bayinya, perahlah ASI dan berikan ASI dengan sendok atau cangkir agar ketika ibu kembali bersama bayinya, bayi tetap dapat menyusu bersama ibunya.

Mata dapat dibersihkan dengan kapas bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat, mulai dari hidung hingga bagian luar. Jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi mata, seperti bengkak,

Syarat Dan Cara Daftar Bpjs Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir, Bunda Wajib Tahu

Cara mandiin bayi yg baru lahir, tips menjaga bayi baru lahir, cara pakai popok kain bayi baru lahir, cara pakai pampers bayi baru lahir, cara potong rambut bayi baru lahir, cara memberi susu bayi kucing baru lahir, kesehatan bayi baru lahir, cara mengganti popok kain bayi baru lahir, cara buat susu bayi baru lahir, cara menjaga bayi baru lahir, cara buat susu formula bayi baru lahir, cara membuat sufor untuk bayi baru lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.