Tutorial Cara Menggunakan Canva

by -93 Views

Tutorial Cara Menggunakan Canva – Apakah Anda seorang pemula dan membutuhkan panduan cara menggunakan Canva di Android? Butuh berbagai template desain gratis? Ingin konten YouTube, Instagram, atau Facebook? Ingin mendesain poster, resume, atau logo? Nah…Anda memilih artikel dan halaman yang tepat! Karena disini kami akan membahas secara detail cara menggunakan aplikasi Canva.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan Canva di PC/Laptop dan Android. Mungkin perbedaannya hanya pada tampilan dan layout kecilnya saja. Kami juga akan membahas bagaimana cara mengubah template desain premium (berbayar) di Canva menjadi template desain gratis yang benar-benar gratis dan dijamin legal.

Tutorial Cara Menggunakan Canva

Langkah pertama ini diperuntukkan bagi mereka yang masih pemula dan belum pernah menggunakan aplikasi Canva di ponselnya. Jika Anda tidak memiliki aplikasi Canva, Anda dapat mendownload dan menginstalnya dari Playstore.

Cara Mudah Menggabungkan Video Menggunakan Canva, Bisa Langsung Jadi

Setelah menginstal aplikasi Canva, buka aplikasi tersebut di ponsel cerdas Anda. Setelah beberapa saat, akan muncul daftar atau layar login seperti gambar di bawah ini. Anda dapat mendaftar atau masuk ke akun Canva menggunakan akun Facebook, akun Google Mail (Gmail), atau akun email lainnya. Anda cukup memilih akun untuk terhubung secara otomatis dan masuk ke ponsel Android Anda.

Sebelum memilih template desain, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis desain yang ingin Anda buat. Anda dapat membuat banyak desain di aplikasi Canva. Cara menggunakan Canva di Android juga disajikan dengan begitu mudah sehingga Anda pasti akan menjadi ahli dalam menggunakan Canva dalam waktu singkat.

Untuk memilih jenis desain, Anda cukup memasukkan jenis desain yang ingin Anda buat pada kotak pencarian. Sebagai contoh, di sini saya telah memilih jenis desain logo yang nantinya akan saya ubah sedikit pada template yang ada.

Jadi… Cara menggunakan Canva di Android selanjutnya adalah dengan memilih template yang kamu suka. Saat saya mencari jenis desain logo tertentu, muncul ratusan template logo yang bisa kita modifikasi di Canva. Untuk tutorial kali ini saya menggunakan template desain logo Sriwiaya seperti gambar di bawah ini.

Modul Grafis Canva

Jika sudah memilih template yang anda sukai, selanjutnya kita akan masuk ke preview untuk mengedit desain yang akan kita simpan. Di menu Teks, Anda dapat menambahkan atau mengubah teks di template desain. Selain itu, Anda dapat menambahkan gambar dan video ke menu yang disediakan. Anda juga dapat menambahkan berbagai stiker ke desain Anda.

Untuk mengubah kalimat, Anda cukup klik satu kali pada kalimat yang ada. Selanjutnya akan muncul pilihan jenis font, ukuran font, dan gaya font.

Kemudian ada menu ilustrasi, template, logo, dan halaman yang dapat Anda gunakan, yang akan kita bahas lebih detail di langkah berikutnya.

Anda dapat mencari dan mengubah aset Canva di menu Ilustrasi, cukup masukkan ilustrasi yang Anda inginkan.

Cara Mudah Membuat Video Presentasi Pembelajaran Dengan Canva

Disini saya mengubah kalimat Sriwijaya menjadi Blografise dan mengganti warna backgroundnya. Di kotak pencarian saya mengetik bunga sehingga saya bisa memberikan estetika pada template desain yang ada. Cara menggunakan Canva di Android sangat mudah karena semua menu ada di layar kecil, berbeda dengan versi PC/Laptop/Komputer yang layarnya besar.

Ketika kita menemukan ilustrasi yang cocok, kita juga dapat mengubah warna ilustrasi tersebut dengan mengklik gambar tersebut. Selanjutnya kita tinggal klik dan pilih warna yang kita inginkan untuk desainnya. Ini adalah warna asli yang saya pilih untuk ilustrasi bunga.

Jadi…saya ubah warna merah bunganya menjadi warna yang sesuai dengan warna background yang saya pilih tadi. Cara menggunakan Canva di Android sederhana bukan? Bahkan mengedit materi/ilustrasi pun sangat mudah

Jika Anda ingin mendesain lebih dari 1 halaman, Anda tinggal klik ikon halaman di pojok kiri bawah (dengan angka 1 di dalamnya).

Canva For Teams

Setelah Anda memilih ikon halaman, klik tanda plus dan halaman Anda akan diperbesar dan Anda cukup mengklik halaman yang ingin Anda edit.

Setelah semuanya sesuai dengan keinginan Anda, Anda tinggal menyimpan atau mendownload desain yang Anda buat. Cukup klik logo download di pojok kanan atas dan otomatis desain Anda akan tersimpan di galeri ponsel Android Anda.

Itu dia! Anda sudah mengetahui semuanya tentang Canva di Android untuk pemula! Sekarang Anda dapat memposting/memublikasikan kreasi Anda di jejaring sosial favorit Anda!

Demikianlah tutorial cara menggunakan Canva di Android untuk pemula untuk dibagikan kepada pembaca lainnya. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel dan tutorial bermanfaat lainnya di situs ini! 17 Januari 2023 12:08 17 Januari 2023 12:08 Tanggal pembaruan: 17 Januari 2023 12:15 638 0 0

Cara Membuat Bio Link Dengan Canva Android

Era ini menuntut guru untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan minat belajar. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan membuat media pembelajaran melalui berbagai aplikasi editing gambar atau video, salah satunya Canva.

Menurut Rahmasari dan Yogananti (2021), Canva adalah platform desain yang dirancang untuk membantu pengguna membuat desain yang terlihat profesional, baik itu PPT, gambar, atau video animasi. Canva juga hadir dengan beragam template untuk memudahkan pengguna pemula dalam membuat desain sendiri. Canva tersedia untuk semua orang (gratis), namun Anda juga dapat membayar biaya bulanan dan memiliki lebih banyak opsi untuk membuat desain, termasuk font, ikon, templat, dan banyak lagi.

Setelah mengunduh aplikasi, buka dan cari template yang ingin Anda gunakan, atau jika Anda ingin membuat desain sendiri dari awal, klik “+” untuk mulai mendesain.

Setelah selesai, klik tombol Simpan di pojok kanan atas untuk menyimpan hasil desain dan pilih sesuai kebutuhan Anda, termasuk perangkat seluler, Gmail, atau Google Drive.

Cara Padankan Warna Slide Menggunakan Canva!

Sobat, demikianlah akhir dari demo informasi Canva ini. Kita sebagai guru masa depan atau calon guru harus mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini agar pembelajaran yang kita sajikan selalu relevan dengan zaman saat ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi pembaca semua. Kritik dan saran anda sangat kami tunggu di kolom komentar agar kami dapat lebih menyempurnakan penyajian informasinya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (25 September 2021). Guru, mari kita berbagi. Diperoleh pada 17 Januari 2023, dari Pembelajaran Inovatif yang bertujuan menciptakan pembelajaran bermakna bagi siswa di kelas: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/article/inovasi-pembelajaran-as-usaha-mewujudkan- pembelajaran-bermakna- bagi -siswa-di dalam kelas/

Pelangi, G. (2020). Gunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia tingkat SMA/MA. Majalah Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

R3ahmasari, EA, & Yogananti, AF (2021). Studi kegunaan aplikasi Canva (Studi Kasus Mahasiswa Desain Pengguna). ANDHARUPA: Jurnal Komunikasi Visual & Desain Multimedia, 7(01), 165-178 Saat ini kebutuhan akan desain sangat banyak. Kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi desain grafis bernama Canva. Namun, masih ada orang yang belum mengetahui cara menggunakan Canva.

Cara Menggunakan Canva Di Android, Cek Tutorialnya

Aplikasi desain grafis ini sangat cocok dan direkomendasikan bahkan untuk pemula. Karena tampilan aplikasinya sangat ramah dan mudah digunakan.

Namun tidak jarang orang masih belum menggunakan Canva dengan baik. Pasalnya Canva menawarkan banyak sekali fitur sehingga Anda perlu memahaminya dengan baik.

Jika Anda ingin menambahkan GIF animasi ke desain Anda, Canva menawarkan berbagai animasi gratis yang dapat Anda gunakan.

Mendukung desain dengan kualitas tinggi. Sama seperti di situs seperti Freepik, Anda juga dapat menemukan beberapa foto gratis untuk digunakan.

Cara Menggunakan Canva Di Android Untuk Pemula

Setelah ditambahkan, Anda juga dapat melakukan beberapa pengeditan pada foto Anda agar lebih baik. Misalnya dengan meningkatkan kecerahan, kontras, saturasi dan beberapa efek gratis lainnya.

Membuat desain menggunakan Canva sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mempelajarinya secara perlahan hingga akhirnya Anda memahaminya secara tuntas.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun Canva. Membuat akun di Canva tidak jauh berbeda dengan membuat akun lainnya.

Dengan aplikasi Canva, Anda dapat memilih apa yang ingin Anda desain. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendesain logo, poster, resume, dan lainnya.

Cara Membuat Qr Code Di Canva (tutorial Lengkap)

Caranya hampir sama, cukup klik tombol “Buat Desain” lalu pilih desain yang ingin dibuat. Setelah itu, Anda akan memiliki banyak fitur untuk dicoba, seperti tampilan logo saat Anda membuatnya.

Nah setelah memahami bahwa Canva sebenarnya bisa membuat berbagai jenis desain seperti desain logo, poster, resume, dll, sekarang kita akan membahas cara membuat desain pertama Anda di Canva.

Jika Anda seorang desainer, Anda mungkin tidak akan kesulitan mengetahui cara menggunakan Canva karena sangat mudah digunakan.

Namun bagi yang belum familiar dengan desain grafis, berikut gambaran proses pembuatan desain di Canva.

Tutorial Menggunakan Aplikasi Canva|alaidrous

Saat Anda mulai mendesain, ada opsi foto di sudut kiri layar. Canva menawarkan banyak stok foto untuk Anda gunakan secara gratis.

Untuk melakukan keduanya, cukup klik Bagikan jika Anda ingin membagikannya kepada orang lain. Setelah itu masukkan email target.

Demikian informasi bagi yang belum mengetahui cara menggunakan Canva. Ada banyak artikel yang bisa Anda baca tentang desain grafis.

Tutorial canva, video canva tutorial, tutorial menggunakan canva, tutorial membuat poster canva, tutorial belajar canva, tutorial canva pdf, tutorial canva ppt, tutorial cv canva, tutorial desain menggunakan canva, tutorial canva di laptop, tutorial canva pro, tutorial menggunakan aplikasi canva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.